Rabu, 03 November 2010

Macam - Macam Kopi Indonesia

Di seluruh dunia orang minum kopi, Kita mengenal jenis kopi dunia yaitu kopi robusta dan kopi arabica, di Indonesia selain kopi robusta dan kopi arabica kita mengenal  ada kopi Jawa, kopi Lampung, kopi Bali, dll masih banyak lagi. Karena nama kopi di Indonesia kebanyakan sesuai dengan nama daerah penghasilnya. tanaman kopi kebetulan cocok ditanam hampir semua daerah di Indonesia yang berpegunungan seperti di lereng gunung Muria tepatnya di daerah Jolong Jawa Tengah.

Robusta  aromatik kacang, biji kopi beraroma digunakan untuk gourmet, kopi khusus. Istilah ini mengacu pada Coffea Robusta, spesies taksonomi dinamai genus – bertanggung jawab untuk sekitar 75% dari hasil panen kopi komersial di dunia. Coffea Robusta adalah kayu cemara abadi yang dimiliki oleh keluarga yang sama dengan gardenia.

Biji Robusta mengandung kafein dua kali dari biji arabica. Biji arabica agak pahit dan tidak memiliki rasa. Biji arabica digunakan untuk menghasilkan campuran, kopi instan dan beku kering.

Ada jenis lain dari spesies kopi, tapi mereka sangat jarang atau tidak ada di pasar ekspor. Akibatnya, faktanya adalah bahwa kita semua baik minum kopi Arabika atau Robusta. Kedengarannya sederhana, kan?

Ada banyak “varietals” dalam pohon kopi arabika yang menghasilkan biji kopi dengan rasa yang berbeda dan karakteristik. Ini adalah tempat yang menyenangkan dimulai. Untuk beberapa nama,

ETHIOPIAN KOPI: Harrar Ethiopia, Sidamo dan Yirgacheffe. Setiap dinamai daerah asal mereka dan mereka memiliki karakteristik rasa yang sangat berbeda. Sebagai contoh, Harrar Ethiopia dikenal dengan rasa sangat halus dan sederhana, hampir tidak ada keasaman dan mulut. Ini adalah kopi kompleks dengan nada pedas cahaya dan rasa buah yang dibandingkan dengan rasa anggur merah kering. Sebagai ‘tempat kelahiran kopi, “Ethiopia tempat yang unik di dunia kopi.

KOPI Kenya: Kenya AA. kopi ini berasal dari daerah sekitar Gunung Kenya, daerah dengan tanah vulkanik yang subur merah. kopi ini dikenal karena rasanya sangat asam rasa langsung di mulut, dan kemudian diikuti oleh suatu rasa bersahaja.

KOPI INDONESIA: Jawa adalah Arabika varietas yang paling terkenal dari pulau Jawa. Kelas atas kopi Jawa dibudidayakan di perkebunan Belanda mantan dan disebut Java Estate. Ini adalah bersih, tebal, tubuh penuh kopi dengan sedikit karakteristik sederhana bahwa kopi Indonesia fitur lainnya, seperti Sumatra atau Sulawesi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar